Advertisement
Paper jam/kertas macet adalah kerusakan umum yang terjadi pada printer terutama laserjet, berikut langkah-langkah perbaikannya agar printer tidak tambah kerusakannya, karena penanganan yang salah dapat menambah kerusakan sparepart printer.
Berikut langkah-langkahnya:
* Langkah Pertama: Keluarkan Semua Kertas yang Longgar Dahulu
Ambil semua kertas yang longgar dari input tray, paper pickup, dan tray keluaran.
PERHATIAN: Jangan mencoba untuk mengeluarkan kertas macet pada tahap ini.
* Langkah Kedua: Keluarkan Kertas Macet
Ikuti langkah-langkah untuk mengeluarkan kertas macet dari produk.
- Tekan tombol Power untuk mematikan produk
- Kemudian cabut kabel listrik dari bagian belakang produk
- Buka pintu kartrid
- Kemudian keluarkan kartrid
CATATAN: Membuka pintu kartrid cetak dan melepaskan print cartridge mengurangi ketegangan pada rol produk, yang mencegah kerusakan produk dan membuat penghapusan halaman yang macet lebih mudah.
Gambar 1: Buka Pintu Kartrid Cetak dan Keluarkan Kartrid Cetak
PERHATIAN: Untuk mencegah kerusakan pada kartrid, tutup dengan selembar kertas untuk meminimalkan paparan cahaya langsung.
Dengan kedua tangan, pegang kertas mana yang paling terlihat, termasuk bagian tengah, dan kemudian dengan hati-hati menarik kertas langsung dari produk.
Gambar 2: Keluarkan Kertas yang Macet
- Lihat ke dalam produk untuk setiap bagian sobekan kertas atau label, dan kemudian membersihkannya.
- Jika ada kertas yang macet tetap dalam baki masukan atau baki output, pegang dengan kedua tangan dan dengan lembut menariknya.
- Pasang kembali kartrid , lalu tutup pintu kartrid.
Gambar 3: Instal Ulang Kartrid dan Tutup Pintu Kartrid
Sambungkan kembali kabel listrik ke bagian belakang produk, kemudian tekan tombol Power untuk menghidupkan produk.
* Langkah Tiga: Reset Printer
- Tekan tombol Power untuk mematikan produk
- Tunggu 30 detik
- Kemudian tekan tombol Power untuk menghidupkan produk
* Langkah Empat: Reload Kertas
- Geser panjang dan lebar kertas ke posisi terluar.
- Ratakan setumpukan biasa, kertas putih pada permukaan yang rata untuk menyejajarkan sisi-sisinya.
- Masukkan kertas ke dalam baki masukan dengan tepi sempit pertama dan sisi cetak menghadap ke atas.
- Geser panjang dan lebar kertas ke dalam sampai berhenti di ujung kertas.
Gambar 4: Slide di Pembatas Kertas
* Langkah Lima: Periksa Pengaturan Cetak
Ikuti langkah-langkah untuk memeriksa dan menyesuaikan pengaturan cetak untuk program perangkat lunak saat ini.
CATATAN: Langkah-langkah dapat bervariasi tergantung pada program perangkat lunak.
- Dari Berkas menu dalam program perangkat lunak, klik Print.
- Dalam Cetak kotak dialog, klik Properti.
- Periksa pengaturan pada Paper / Quality tab, mengubah mereka jika perlu, dan kemudian klik OK.
- Cobalah mencetak lagi.
Jika langkah-langkah ini menyelesaikan masalah, tidak perlu melanjutkan lagi, berarti masalah sudah selesai.
Jika masalah berlanjut, lihat langkah berikutnya.
* Langkah Enam: Bersihkan Area Kartrid
Selama proses pencetakan, kertas, toner, dan partikel debu dapat menumpuk di dalam produk dan dapat menyebabkan kemacetan kertas. Ikuti langkah-langkah untuk membersihkan area kartrid cetak.
- Matikan produk, kemudian cabut kabel listrik dari bagian belakang produk. Tunggu hingga produk dingin.
- Buka pintu akses atas, dan kemudian keluarkan kartrid.
PERHATIAN: Untuk mencegah kerusakan pada kartrid, menutupi kartrid dengan selembar kertas untuk meminimalkan paparan cahaya langsung.
- Dengan lap kering yang tidak berbulu, bersihkan debu/kotoran dari area jalur kertas dan rongga kartrid.
PERHATIAN: Jangan sentuh rol transfer spon warna hitam di dalam produk.Dengan demikian, Anda dapat merusak produk.
- Masukan kembali kartrid, dan kemudian tutup pintu akses atas.
- Sambungkan kembali kabel listrik ke bagian belakang produk.
- Tekan tombol daya untuk menghidupkan produk.
- Cobalah mencetak lagi.
Jika langkah-langkah ini menyelesaikan masalah, Anda tidak perlu untuk melanjutkan mengatasi masalah.
Jika masalah tetap ada, lanjutkan ke langkah berikutnya.
* Langkah Tujuh: Service Printer
Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah sebelumnya dan masih mengalami masalah, maka:
- Jika produk Anda masih garansi, hubungi HP.
- Jika produk Anda tidak garansi, secepatnya bawa ke tempat kami untuk diservice/diperbaiki
Salam STARDATA..
Advertisement
terimakasih atas informasinya , sangat bermanfaat
BalasHapus